Siswi SMA Hidayatus Salam Gresik buat sabun cuci tangan dari kulit pohon

23:07 0 Comments

Siswi SMA Hidayatus Salam Gresik buat sabun cuci tangan dari kulit pohon

Senin, 25 Feb 2013 08:05 WIB | 624 views
Inovasi unik kembali dilakukan oleh pelajar Indonesia. Kali ini, pelajar dari SMA Hidayatus Salam Gresik membuat sabun cuci tangan dari kulit kayu tanaman randu.
Cukup unik memang karena biasanya kayu randu hanya dimanfaatkan untuk kayu dan kapuknya saja. Adalah Muawanatul Ummah yang masih duduk di kelas X yang menemukan inovasi unik ini.

Cara membuatnya pun cukup mudah dan sederhana. Pertama kali yang dilakukan adalah membakar kulit kayu randu. Abu hasil pembakara direndam abu dalam air tawar selama 24 jam. Selanjutnya, rendaman abu tersebut disaring dan dicampurkan dengan minyak jelantah. Usai dicampur,  campuran tersebut dipanaskan dengan suhu 60 derajat celcius. Setelah panas dirasa cukup, ditambahkan bubuk STTP dan pewarna. Tinggal diaduk hingga merata lalu akan menjadi sabun cair.

Memang inovasi seperti ini cukup unik karena sabun dibuat dari kulit kayu yang dibakar. Tetapi hal-hal inovatif seperti ini, sepertinya harus terus dikembangkan agar tercipta inovasi-inovasi baru dari hal-hal di sekitar kita. Jika anda merasa ada sesuatu hal yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sesuatu, maka mulailah bereskperimen dan berinovasi. Melihat apa yang terjadi di sekitar dan berpikir apa yang bisa kita lakukan buat hal itu merupakan langkah awal untuk memulai sebuah inovasi.

Unknown

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 comments: